Makalah diet pada lansia dengan kasus kekurangan gizi

Soekidjo Notoatmodjo, Bagi penulis Menambah wawasan ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan di bidang kesehatan mengenai kebutuhan nutrusi pada lanjut usia b. Untuk anoreksia disarankan untuk mempertimbangkan tambahan energi dari minuman, sedangkan obesitas harus mengkonsumsi makanan berbentuk padat.

Pemeriksaan biokimia dapat dilakukan terhadap berbagai jaringan tubuh, namun yang paling lazim, mudah dan praktis adalah darah dan urine. Masalah gigi sering dialami lansia, seperti gigi tanggal, gigi berlubang, dan gigi palsu yang tidak nyaman.

Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Studi-studi mengindikasikan bahwa lansia yang memiliki penghasilan kurang dari dolar per tahun atau kurang dari 35 dolar per minggu untuk komsumsi makanan dan para lansia yang mengunjungi rekan atau keluarganya kurang dari dua kali per minggu, dan para lansia yang kelebihan berat badan sebesar 25 kg atau yang kekurangan berat badan 10 kg adalah mereka yang beresiko tinggi mengalami malnutrisi, selain dari jutaan orang yang mengalami kekurangan nutrisi.

Tawarkan makanan paling banyak pada siang hari ketika lansia merasa sangat lapar biasanya pada pagi hari. Kebutuhan vitamin dan mineral bagi lansia menjadi penting untuk membantu metabolisme zat-zat gizi yang lain. Penanganan primer diabetes tipe II adalah dengan menurunkan berat badan, karena resistensi insulin berkaitan dengan obesitas.

Orang-orang tertentu dalam kelompok manula memperlihatkan peningkatan kebutuhan akan nutrient-nutrien tertentu. Kesehatan nutrisi membantu manula menjaga hidup yang lebih aktif dan menyenangkan, melindungi mereka dari penyakit, mengurangi keparahan penyakit, dan mempercepat pemulihan penyakit.

Istilah ini dipakai secara umum pada setiap zat yang dicerna,diserap dan digunakan untuk mendorong kelangsungan faal tubuh. Pada diabetes tipe I terdapat ketidakmampuan untuk menghasilkan insulin karena sel-sel beta pankreas telah dihancurkan oleh proses autoimun.

Gizi Pada Lansia

Untuk mengetahui resiko penyakit penyerta pada lansia penyakit degenerative 1. Menu untuk Lansia dalam sehari: Selain itu sekresi ludah juga menurun hingga terjadi gangguan pengunyahan dan penelanan. Gejala lainnya mencakup kelelahan dan kelemahan.

Membuat protein darah, untuk mempertahankan tekanan osmose darah. Gizi yang kurang mengakibatkan terpengaruhnya perkembangan mental, perkembangan jasmani, dan produktifitas manusia karena semua itu mempengaruhi potensi ekonomi manusia. Kurang Mengonsumsi Buah dan Sayur Anak-anak sekolah atau remaja umumnya susah apa bila disuruh mengonsumsi buah dan sayur.

Istirahat, tidur yang cukup Tidur ini bermanfaat untuk menyimpan energi, meningkatkan immunitas atau kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan penyakit, juga pada saat tidur tubuh memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.

Maka kasus inilah yang menyebabkan kasus utama kematian di massa kanak-kanak. Latar Belakang Diabetes mellitus merupakan salah satu masalah kesehatan yang besar.

Salah satu konsekuensi tidak terdeteksinya penyakit diabetes selama bertahun-tahun adalah bahwa komplikasi diabetes jangka panjang misalnya, kelainan mata, neuropati perifer, kelainan vaskuler perifer mungkin sudah terjadi sebelum diagnosis ditegakkan.

Dengan demikian menua ditandai dengan kehilangan secara progresif lean body mass jaringan aktif tubuh dan perubahan- perubahan di semua system di dalam tubuh manusia.

Tentu saja hal ini memerlukan bantuan dari keluarga atau orang yang tinggal bersama Lansia. Kritik dan Saran Selesainya makalah ini tidak terlepas dari banyaknya kekurangan-kekurangan pembahasannya dikarenakan oleh berbagai macam faktor keterbatasan waktu waktu, pemikiran dan pengetahuan kami yang terbatas, oleh karena itu untuk kesempernuan makalah ini kami sangat membutuhkan saran-saran dan masukan yang bersifat membangun kepada semua pembaca.

Dedikasi di perluhkan untuk meyakinkan bahwa kebutuhan nutrisi klien di masukan sebagai bagian dari rencana keperawatan secara total.

Bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti buah, sayur dll. Gangguan ini dapat menyebabkan munculnya penyakit atau terjadi sebagi akibat adanya penyakit tertentu. Mereka yang diberikan suplementasi multivitamin A, C, dan E memiliki infeksi pernapasan dan urogenital lebih rendah daripada kelompok yang hanya diberikan plasebo.

Selain itu muncul glossodyna atau nyeri pada lidah. Ketika bangun pagi, gula darah dalam tubuh kita rendah karena semalaman tidak makan. Oleh karena itu orang pada umumnya akan merasa segar setelah istirahat. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya.Oleh karena itu, pada Lansia seringkali terlihat kurus.

Penurunan indera penglihatan akibat katarak pada lansia sehingga dihubungkan dengan kekurangan vitamin A, vitamin C dan asam folat. Sedangkan gangguan pada indera pengecap dihubungkan dengan kekurangan kadar Zn yang juga menyebabkan menurunnya nafsu makan.

· Makalah gizi diet tentang penyakit DM. No comments. BAB I. PENDAHULUAN. A. Latar Belakang. Diabetes mellitus merupakan salah satu masalah kesehatan yang besar.

makalah gizi lansia

Data dari studi global menunjukkan bahwa jumlah penderita diabetes mellitus pada tahun telah mencapai juta orang di dunia (IDF, ).

Di provinsi DKI Jakarta, kotamadya Jakarta barat merupakan salah satu kota dengan. Kekurangan Fe/ zat besi dalam makanan sehari-hari dapat menimbulkan kekurangan darah yang dikenal dengan anemia gizi besi (AGB).

Makanan sumber zat besi adalah sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, hati, telur dan daging. Fe lebih baik dikonsumsi bersama dengan vitamin C, karena akan lebih mudah terabsorsi. Kelebihan gizi pada lansia biasanya berhubungan dengan afluency denga ngaya hidup pada usia sekitar 50 tahun.

Dengan kondisi ekonomi yang membaik dan tersedianya berbagai makanan siap sji yang enak dan kaya energi. Utamany sumber lemak, terjadi asupan makan dan zat-zat gizi melebihi kebutuhan tubuh.

Keadaan kelbihan gizi yang dimulai pada awal usia 50 tahun-an ini akan membawa lansia pada Author: Ismail Rizky. Ø Penurunan indera penglihatan akibat katarak pada lansia sehingga dihubungkan dengan kekurangan vitamin A, vitamin C dan asam folat.

Sedangkan gangguan pada indera pengecap dihubungkan dengan kekurangan kadar Zn yang juga menyebabkan menurunnya nafsu makan. Penurunan indera pendengaran terjadi karena adanya kemunduran fungsi sel syaraf pendengaran.

Dengan pertimbangan-pertimbangan dan alasan itulah, maka dalam makalah ini akan dibahas tentang gizi makro dan gizi mikro yang terdapat dalam berbagai bahan pangan (makanan dan minuman) yang dikonsumsi sehari-hari.

Makalah diet pada lansia dengan kasus kekurangan gizi
Rated 5/5 based on 40 review